Rabu, 28 Januari 2009

Saba Kota euy....

Ga pernah kebayang sebelumnya bakalan kerja di Jakarta, dulu dari waktu kecil sampe pas belum kerja tiap kali lewat kawasan gedung2 perkantoran sudirman sm gatsu pasti yang kebayang "mungkin ga ya suatu saat bisa kerja di salah satu gedung itu". Secara hometown gw kan lumayan jauh dari Jakarta and ga banyak juga temen2 dari kampung halaman gw yang merantau kerja di Jakarta.
Gw suka liat gedung2 tinggi pas malem2, gw suka lampu2 nya, gatau kenapa menurut gw bagus aja (udik banget ya). Singkat crita selepas lulus kuliah gw mulai ngelamar2 kerja, dari mulai di ciamis, tasik, bandung, cilegon, smp jakarta pokoknya gw ga peduli deh dimana pun bakalan diterima yang penting buru2 kerja. Beberapa waktu kemudian mulai deh lamaran gw ada yg nyangkut, berhubung gw ngelamar kerja nya ke sembarang tempat jadinya harus bolak balik dari satu kota ke kota lain (cape deh).
Kalo inget jaman2 nya panggilan2 interview suka lucu pengen ketawa sendiri hihii3…pernah dalam 4 hari berturut2 gw panggilan interview di 5 tempat : bandung, bekasi, ancol, sm kawasan sudirman di wisma gkbi, trus di ciamis.
Waktu itu kira2 jam 8.30an gw dpt tlp panggilan interview di PT ***** di bandung, parahnya si penelepon bilang kalo gw harus dateng ke kantor nya jam 14.00, padahal waktu itu gw berencana mau berangkat ke cilegon karena besok ada panggilan di bekasi (secara sodara gw yg bisa gw tebengin kl panggilan sekitar jabotabek cm tante gw yang di cilegon). Karena ga mau nyia2in kesempatan akhirnya gw nekad ngedatengin interview yang di bandung. Rencananya setelah interview gw mau langsung bablas ke cilegon. Brangkatlah gw dari ciamis menuju terminal cicaheum, parahnya waktu itu gw lupa ga pake setelan kerja, gw pake jeans sm jaket casual aja. Jadilah gw harus ganti baju di toilet terminal cicaheum yang u know lah gimana kondisi toilet umum di terminal, ngantri, bau, sempit pula, pkkknya gitu deh (padahal waktu itu gw bw ransel gede karena rencananya dari bandung mau langsung ke cilegon).
Dengan penampilan seadanya gw dateng ke PT****, beruntungnya ada suaminya sodara gw yang kerja disitu jadi gw ga pusing gimana caranya nyampe ke lokasi. Gw mutusin makan siang dl biar py energi bwt tes and interview bla3…stlh slse makan langsung ke kantor yg dimaksud. Bingung lagi, ga mungkin gw interview dgn bawaan segambreng kaya mau kemping. Akhirnya setelah melalui proses loby dengan bapak security penjaga gerbang gw diijinin untuk menitipkan barang bawaan gw di situ. ternyata tes nya cuma test gambar, gambar orang, pohon sm rumah.
Gatau gimana kriteria penilaiannya yang jelas setelah gw tes trus orang HR nya liat2 hasil test kita bbrp saat kmudian dia mulai mengeksekusi siapa2 yang lls and boleh lanjut ke test berikutnya dan siapa yang gagal dan boleh pulang. GW…..gagal :( akhirnya gw meninggalkan kota bandung dengan hati kecewa., hiksss..Tapi tenang dulu gw masih py harapan, besok gw panggilan di wisma cordova di kawasan ancol. Smangatt…
Nyampe rumah tante di Cilegon sekitar tengah maleman, tanpa banyak basa-basi gw langsung tidur, mempersiapkan energi bwt pertempuran selanjutnya esok hari. Besoknya gw bangun jam 4.00, siap2 dikit, jam 5.00 gw brangkat dari rumah tante gw menuju daerah jakarta utara. Ga ada bayangan tuh di mana tempat itu, yang gw tau di ancol itu ya dufan aja.
Gw brangkat dari Cilegon naek bis jurusan merak-tanjung priok, rencana nya turun di terminal tanjung priok trus naek angkot ke wisma cordova. Sialnya pas udah mau nyampe tanjung priok gw lupa hrs naek angkot no berapa, abs itu no tlp kantornya jg lupa ga gw save. Gimana caranya yaa, akhirnya gw mutusin untuk naek ojeg aja. Gw pikir tukang ojeg pasti tau lah dimana wisma cordova.
Gw turun sebelum bis masuk terminal tanjung priok dgn pertimbangan di terminal pasti rame n banyak preman2. Tanpa nanya ongkos gw langsung naek salah satu ojeg di tempat gw turun, "wisma cordova bang", brangkat lah gw sm si abang ojek. Perasaan gw mulai ga enak waktu si abang ngambil jalan lewat perkampungan2 yg agak2 slum gitu, jangan2 si abang mau nipu gw nih, apa mgkn dia jg gatau letak wisma cordova sebelah mana ya. Ah tapi masa sih dia ga tau, kalo nipu mgkn iya.
Menit demi menit berlalu ko ga nyampe2 ya, gw mulai worried "bang masih jauh ga" gw tanya.
" Bentar lagi neng" si abang ngejawab.
Smp 30 menit ga nyampe2 gw kesel
"Bang sebenernya tau ga sih wisma cordova itu dimana" kata gw mulai panas.
"Si eneng ga sabar amat, bentar lagi juga nyampe neng" si abang ngejawab ga kalah ketus".
Akhirnya dari jauh samar2 gw liat gedung itu, makin deket makin deket smp akhirnya si abang berhenti di depan gedung yg dimaksud.
" Berapa bang ? " gw tanya ongkos.
" 30rb aja", enteng banget si abang malak.
"Busyet, dari cilegon ke tanjung priok aja yang berkilo2 meter cm bayar 16 rb, masa dari terminal ke sini minta 30rb, yang bener aja bang" sewot gw.
"Kan jauh neng" si abang keukeuh.
"Udah deh 15 aja" gw bilang.
"20 deh" si abang lagi.
Gw keukeuh ga ridho ngasih 20rb bgitu aja, udah di kerjain muter2, badan gw bau asep ga jelas gitu, penampilan gw acak2an gara2 naek motor, dipalak 30 rb pula. Akhirnya gw tetep kasih dia 15rb aja, si abang terima sambil menggerutu " kalo pengen murah mah naek angkot aja neng" omel nya sambil pergi. Jadilah gw interview dengan penampilan seadanya (acak2an, bau asep, letoy pula) DAN….ga lulus hahahaa……
Lenghoy lagi balik ke cilegon, pasti orang2 di rumah tante gw ngeledekin, ato ngga malah prihatin ngelihat perjuangan gw yang ga berhasih2, hiks gw jadi sedihhh.
Tapi masih ada besok, besok gw ada panggilan di dua tempat "bekasi & Wisma GKBI" mudah2an dari 2 itu salah satunya ada yang nyangkut, SMANNGATTTT…….
Besoknya gw brangkat subuh lagi, ke bekasi. Orang2 rumah di ciamis udah ngewanti2 gw,
"Tong ngere karep ndin, pengen kerja smp segitunya. Pikirin tuh kondisi badan, jangan smp ngedrop. Kan cape tiap hari harus pergi2 keluar kota bwt interview".
Emang sih gw juga ngerasa badan gw cape banget, udah beberapa hari tidur ga tratur, makan juga, trus otak gw muter kenceng banget saking smangatnya pengen kerja. Tapi tekad gw udah bulet, soon or latter gw harus kerja…..
Dibekasi biasa aja, ga ada yg menarik, bkn perushaan gede jadi gw ga trlalu brharap juga. Gw rampung interview di bekasi sekita jam 11.00an dan harus interview di GKBI jam 2.00an.
Bismillah, stlh nanya2 orang di kantor tempat gw interview di bekasi akhirnya gw brangkat. Masih inget tuh gw interview di bekasi barat kalo ga salah pokoknya rukan yang di seberangnya rs mitra keluarga. Dari situ naek angkot smp MM, trus jalan ke gerbang tol dikit, dari situ naek bus kota mayasari yang jurusan komdak.
Di bus kota gw berdiri krn ga dpt tmpt duduk, pas bayar sekalian gw bilang
"Komdak tereak ya bang" sm si abang kondekturnya, trus dia ngangguk. Beberapa waktu kemudian gw liat orang2 pada siap2 mau turun, trus mas2 di samping gw (penumpang) ngasih tau gw "komdak" mba, mgkn dia denger pas gw minta kondektur nya teriak kl dah nyampe komdak.
"Makasih Mas" gw ga lupa brterima kasih.
Dari situ ke GKBI naek metro mini 604, turun di halte benhil. Bingung gw,
" Pak Wisma GKBI dimana yaa" gw nanya security di gerbang gedung BRI.
"Oh dibelakang BRI 2 Mba, gedung sebelah" bpk security ngejawab smbl nunjuk. "
Makasih" gw brterima kasih…
Sampe di Wisma GKBI gw mampir ke toilet, ngerapihin dandanan gw yang acak2an krn naek angkutan umum. Gw liat kelopak mata gw udah item banget, mgkn krn kecapean and kurang tidur ya.
"Ah mudah2an aja perjuangan gw segera berbuah manis" dalam hati gw.
Di GKBI ternyata gw langsung interview sm user, dia bilang urgent. Katanya gw bakalan dpt notifikasi besok ato sore ini juga.
Setelah interview sekitar 45 menitan, gw dah boleh langsung pulang. Masalah lagi…
*Gw gatau harus pulang ke cilegon naek apa?*
Hahahaaa…silly banget kan ?!!! kalo kata orang sunda mah saban kuya, bisa naek tapi ga bisa turun. Bisa nyampe kesitu tapi gatau gimana caranya pulang HAHAHAHAHA…..akhirnya gw tanya security lagi
" Pak kalo dari sini mau ke merak ato cilegon naek apa dulu yaa" gw tanya security.
"Wah gatau mba, tapi setau saya ga ada bus dari sini yang langsung ke Merak" security ngejawab.
" Trus saya harus kemana dulu ya Pak" gw nanya lagi.
"Ke Grogol aja mba, ato ngga ke terminal Blok M" dia ngejelasin secapluknya.
Gubrak, setau gw dari kedua terminal tersebut ga ada bus yang ke arah merak, gw tau banget, setau gw yang ada adalah dari terminal rambutan, pulo gadung, sm tanjung priuk, dan parahnya lagi ga ada yang tau bus ato angkutan apa yang bisa nganterin gw ke 3 terminal tsb.
Gw dah hopless gitu smp akhirnya setelah perdebatan panjang salah satu dari 2 security tersebut bilang gini
" Yo wis ta anterna ke terminal aja deh sampeyan, tungguin 10 menit ya" kebetulan hari itu hari sabtu jadi ga begitu rame juga tamu yang dateng, secara kebanyakan kantor libur hari sabtu.
Gw udah ga inget malu ato ngga enak deh sm security2 tersebut, yang ada di otak gw adalah:
*gimana caranya gw bisa sampe ke rumah tante gw yang di cilegon dengan selamat*
Brangkatlah gw dianter bpk security yang baik hati, rencananya mau ke terminal tapi setelah tanya2 sm orang2 yg dia kenal ternyata ada satu tempat yang dilewati bus2 yg menuju ke merak "slipi jaya" akhirnya kita menuju ke slipi jaya dan gw bisa pulang dengan selamat.
Besoknya gw dapet tlp dari kantor yg terakhir gw interview, GW DITERIMA. Horreeeeee…..seneng banget, akhirnya perjuangan gw berhasil. Padahal kalo yang ini ga diterima gw mau balik ke ciamis karena ada panggilan lagi di sana.
Sampe hari ini gw udah 1 tahun 1 bulan 24 hari kerja di Jakarta, udah 3 x pindah perusahaan, 5x pindah kosan.
Gitu aja sih crita gw, tentang perjuangan gw yang pengen kerja. Mungkin jodoh gw harus kerja disini, gw bersyukur aja. Apapun yang dikasih tuhan, pasti yang terbaik bwt gw….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar