Rabu, 28 Januari 2009

The Most Powerfull Person in My Life

The most powerfull person dalam hidup ku adalah nenek ku.
I’m a big fans of her,
Setelah kedua orang tua ku bercerai, aku dan ade ku mutusin untuk tidak tinggal dengan salah satu dari mereka. Aku dan ade ku milih tinggal dengan nenek dan kakek ku.
Selain aku dan adeku ada satu anak lagi yang tinggal dan diurus nenek ku. Dia adalah sepupuku, anak tanteku (ade nya mamahku).
Brarti dirumah nenek ku tinggal aku, adeku, sepupuku sama nenek dan kakekku. Kakekku itu yang baik banget,tiap malem pasti dongengin aku, adeku dan sepupuku. Dia itu suami yang penurut banget, kontras sama nenekku yang cerewet dan tegas.
Ade ku bandel banget, dia sering banget kcelakaan. Dari mulai ketabrak mobil polisi, jatuh karena manjat pager, jatuh dari sepeda, sampe yang paling konyol, "itu" nya pernah kejepit resleting clananya karena pas abis pipis, nyeletingin clana nya ga hati2 karena buru2 (maaf ya de, abs kamu emang konyol sih heheee…ga kalah sm kaka nya) Boleh dibuktiin deh, di sekujur tubuh adeku banyak banget luka bekas jahitan. Di dahi, di pipi, di belakang telinga, lutut, punggung, banyak deh pokoknya.
Sepupuku yang satu umurnya beda 7 thn sama aku, jadi pas aku kelas 1 sd dia baru lahir. Karena 1 dan lain hal, seperti aku dan adeku diapun harus tinggal dgn nenek dan kakek ku. Oya sepupuku itu cwe, cantik, centil, pinter, ngegemesin. Toop deh pokoknya, sekarang dia kelas 3 SMA, udah jadi kembang desa. Hahahaaaa….(jangan marah ya de….).
Penghuni rumah yang belum aku sebutin tinggal aku dan nenek ku. Ga banyak yang bisa aku critain ttg aku, ya you know lah siapa aku. Andin yang centil, bawel, galak, konyol, kadang2 oon, tapi sebenernya, baik hati dan tidak sombong, tapi sayang nya ga ada yang nyadar (Huhuuuu….).
Tinggal nenek ku,
Dia itu cerewet, warga negera yang baik banget, tegas, pinter banget itung2an meskipun cm lulusan SR. Nenek ku dari semenjak aku inget udah punya warung, warung kecil sih. Tapi dia pinter banget ngelolaanya, masalah itung2an ? Jangan ditanya, pkoknya lebih pinter dari aku dan adeku deh (mungkin karena pengalaman juga ya).
Oya nenek dan kakekku itu petani, mereka py bbrp petak sawah yang mereka urus sdr. Trus kita tinggal dikota kecil yang jaman2 nya ibu ku dan ade2 nya remaja, ga banyak orang tua nguliahin anak nya, karena belum ada univ lokal dan juga biaya kuliah mahal.
Tapi ibu ku dan ade2 nya pengen kuliah, hebatnya nenek dan kakek ku ngedukung. Padahal mereka cuma petani. Dengan modal ngejual2in tanah dan sawah mereka akhirnya ibuku dan ade2 nya bisa kuliah.
Hebat ya, menurut aku sih hebat….
Biarpun bukan keluarga kiyai ato ustad, nenek ku itu paling bawel banget ngingetin cucu2 nya solat n ngaji. Tiap subuh gedor2in kamer cucu2 nya suruh slt subuh, "tiap hari" karena smua cucu nya hobi bgt sm yg namanya tidur.
Slain di madrasah dan masjid selepas magrib, aku juga diajar ngaji sama nenek ku. Tau cara nenek ku ngajar ngaji ? Wuaah canggih deh pokoknya, kalo salah jewer bow. Canggih ga canggih ga ?
Kalo bulan puasa tiap malem kan hrs traweh, aku harus dengerin khotbah dgn srius, karena nenek ku mantau, kalo aku bcanda dikit sm temen sbaya ku, ato kalo aku ngantuk. Nenek ku pasti marah,
Nenek ku termasuk perhatian juga dalam hal penampilan. Dia paling benci kalo aku pake salah satu jaket ku yang udah kumel banget, padahal itu favorite aku banget. Saking sebel nya liat aku pake jaket itu, pernah dia ngumpetin jaket ku itu. Sendal jg, saking sebel nya dia liat aku pake sendal ku yang butut itu, dia buang.
Trus kalo aku keluar rumah ga pake bedak, dia pasti nyuruh balik lagi.
"Meni herang pisan, teu di wedak nya. Di wedak heula !" kira2 itu kalimat yang dia ucapin kalo aku pergi ga dandan.
Nenek ku paling benci sama yang namanya kutek. Padahal waktu itu lagi trend banget pake kutek, aku pengeeeennn banget pake.
Suatu hari aku ke rumah temen ku, dia punya kutek yang warna pink. Bagusss banget, smp semua temen2 ku yg sama2 ke rumah temen ku waktu itu make smua. Aku juga pengen dong, akhirnya nekad aku pake kutek itu juga. Aku pikir nyampe rumah jg paling aku apus, slain karena nenekku ga suka, kutek kan juga ga sah dipake solat.
Aku pulang dengan kuku yang masih pake kutek. And u know what ? Biarpun udah aku umpet2in, nenek ku akhirnya liat juga kuku ku yg berwarna pink.
Wuaaah marah dia, trus tanpa ba bi bu tangan ku ditarik disuruh masukin minyak tanah (kita jualan minyak tanah jg waktu itu, di taro nya di ember).
Pernah lagi, waktu itu pas kelulusan SMA. Aku udah pake seragam yang paling butut. Udah janjian sm temen2 ku mau nyorat2in baju, buat kenang2an. Mengendap2 aku keluar rumah.
Tapi, OOwwww….
Nenek ku liat,
" Andin…., awas ya, jangan corat2 baju. Kalo baju nya dicorat coret pokoknya ga boleh plg.
Hikss….
Kebayang muka temen2 yang ngeledekin karena aku ga ikutan nyorat2 baju.
Ya pkk nya gitu deh, nenek ku brhasil ngejalanin perannya sebagai orang tua buat cucu2 nya yang bandel2…
Tapi bbrp tahun blkgn dia kena stroke, smp skrg udah 3x dia kena stroke, tapi tiap kena stroke dia psti berhasil pulih. Hebat yaaaa…
Sekarang kalo aku tlp ngomongnya suka ga nyambung, mgkn krn pendengarannya udah brkurang yaaa…
Kangennnn bgt sama diaa….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar